'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
‘Aisyiyah Kota Malang, Memperteguh Soliditas dan Membangun Sinergitas
24 Desember 2019 10:56 WIB | dibaca 600

 

Malang, Suara ‘Aisyiyah-Majelis Pembinaan Kader (MPK) Pimpinan Daerah  ‘Aisyiyah (PDA) Kota Malang telah melaksanakan Konsolidasi Kader dan Pelatihan Kepemimpinan selama dua hari di Villa Ringgit Jl Flamboyan no 2 Kota Batu, (14-15/12/19).

Ketua MPK PDA kota Malang, Uzlifah dalam sambutannya menyampaikan  agenda tersebut salah satu upaya untuk menyiapkan kepemimpinan mendatang, mengingat tahun  depan merupakan akhir periodesasi struktur kepemimpinan di semua level mulai dari Pimpinan Pusat hingga Pimpinan Ranting yang akan dimulai dengan perhelatan Mukatamar ‘Aisyiyah ke-48 di Surakarta.

Menurutnya  mengemban amanah dakwah melintas batas  memasuki  abad ke-2 usia ‘Aisyiyah tentu harus memiliki kesiapan yang berlipat, terlebih lagi dalam menyiapkan kader-kader pimpinan yang tangguh pada tingkat cabang dan ranting, “Pimpinan ranting itu sangat penting sekali, keberadaan ‘Aisyiyah sangat tergantung dengan pimpinan ranting karena sejatinya pimpinan ranting merupakan barisan terdepan dalam memgerakkan dan mengintervensi  masyarakat  guna pemberdayaan dan pengembangan “ tutur Uzlifah.

Sementara itu Sri Herawati, Ketua PDA Kota Malang memberkan apresiasi pada  pimpinan yang sudah menyisihkan waktu untuk mengikuti pelatihan dan konsolidasi tersebut, dia berpesan agar semua peserta menyadari betul akan pentingnya materi-materi yang diberikan untuk meningkatkan kapasitas sebagai pimpinan, dan bisa memengikuti secara tuntas, “Memahami ideologi itu tidak cukup hanya membaca atau diskusi sekali dua kali, namun harus beribu kali dibarengi dengan pengaplikasiannya, ibarat baterai handphone kalau dipakai terus tanpa dicharge tentu akan habis, begitu juga dengan ilmu dan komitmen kita sebagai seorang pimpinan harus terus ditingkatkan, dengan selalu menambah ilmu dan wawasan  serta senantiasa mengikuti perkembangan masyarakat” ujarnya.

Senada dengan Sri Herawati,  Ketua Pimpinan Daerah  Muhammadiyah kota Malang, Abdul Haris sangat berharap para kader ‘Aisyiyah bisa menjadi figur dimanapun berada,  tidak hanya pada persoalan dakwah, pendidikan dan sosial saja melainkan harus mulai masuk pada rana politik dan pengutan serta pengembangan ekonomi, “Saya mohon pelatihan kepemimpinan ini mampu meningkatkan kapasitas kualitas pimpinan, sudah saatnya kader – kader ‘Aisyiyah tampil di  arena politik dan ekonomi.”

Sesuai dengan silabus yang diterbitkan Majelis Pembinaan Kader Pimpinan Pusat (PP), selama penyampaian materi dikemas dengan metode diskusi dan penugasan dengan alat  kertas plano, kertas warna, spidol dan lainnya yang menunjang dan tentu membuat peserta semua aktif, tidak membosankan serta sangat menggembirakan.

Hadir sebagai pemateri, Rukmini Amar Wakil Ketua PWA Jawa Timur, Asmawati Rosidah Sekretaris Majelis Tabligh PWA Jawa Timur, Sri Herawati Ketua PDA Kota Malang, Nazaruddin Malik Wakil Rektor II UMM dan Nur’aini  Al Mascatty Ketua  Majelis Tabligh PDA Kota Malang sebagai Imam Training serta Tiga Komisioner KPU Kader ‘Aisyiyah yaitu Aminah Asminingtyas Ketua KPU Kota Malang, Anis Suhartini Ketua KPU Kabupaten Malang, dan Marlina Saman KPU Kota Batu.

Pada kesempatan tersebut Rukmini dalam materi peneguhan ideologi Muhammadiyah meminta semua peserta mengerti, memahami dan menghafal serta mengamalkan ayat-ayat alquran yang menjadi pijakan atau dasar gerakan  persyarikatan. Nah untuk mereview, oleh Imam Training  peserta diajak mentadzaburi  Al quran surat  An-Nisa’ : 95-96, 124, An nahl: 97, At Taubah : 71-72, Al Ahzab : 35 dan Al Mumtahanah : 12.

Peserta dibagi menjadi 6 kelompok, masing-masing kelompok mengkaji dan mendiskusikan ayat yang sudah ditentukan oleh Imam Traning, mereka harus bisa  menghafalkan, menemukan kata kunci dan menjabarkan maknanya kemudian mempresentasikan pada  semua  peserta. Pada sesi tadzabur ayat, semua peserta terlihat aktif, dan bersemangat walau agenda dilaksanakan pada pukul 03.00 WIB.

Selanjutnya, peserta mengikuti permainan. Menurut Muslimah Rina Saadah Sekretaris MPK PDA kota Malang permainan tersebut bertujuan  memberikan pelajaran bagaimana cara pimpinan itu menjaga  menjaga soliditas masing-masing tim. Dipandu Daris Latifah dan  Lya Sofiana gelak tawa tak henti terdengar selama permainan, pasalnya ada saja yang  anggota tim yang membuat kesalahan-kesalahan dimana hal itulah yang menciptakan kelucuan-kelucuan.

Ditutup dengan pembahasan Rencana Tindak Lanjut, bahwa setiap cabang akan melaksanakan kegiatan serupa untuk semua pimpinan ranting. Diakhir, peserta diberi bingkisan sayur  sebagai buah tangan untuk keluarga. Fathimatul Ulum, salah seorang peserta mengatakan merasa beruntung bisa mengikuti agenda ini “Alhamdulillah saya beruntung menetapkan hati untuk mengikuti pelatihan ini, selain ilmu yang didapat, juga mendapatkan bingkisan sayur, lumayan untuk oleh-oleh keluarga,” ucapannya sembari tersenyum lega. (Uzlifah)

Shared Post:
Arsip Berita
Berita Terbaru
Berita Terkomentari