'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Perteguh Komitmen Ber- ‘Aisyiyah, Kota Malang Gelar Uji Kompetensi Guru TK ABA
02 Desember 2019 09:57 WIB | dibaca 66

Sumber Foto : PDA Kota Malang

 

Malang, Suara 'Aisyiyah- Pimpinan Daerah  Aisyiyah (PDA) Kota Malang  sangat serius dalam upaya  peningkatan kualitas kader, hal itu terlihat dari sinergitas tiga majelis; Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah  (DIKDASMEN), Majelis Tabligh dan Majelis Pembinaan Kader (MPK) dengan melaksanakan uji kompetensi guru bidang Keislaman dan Kemuhammadiyahan di Masjid Firdaus Jl Ciliwung kota Malang, Ahad (24 /11/19).

Ketua PDA  kota Malang, Sri Herawati  mengatakan  pentingnya  peningkatan SDM  utamanya dibidang  Pendidikan Anak Usia Dini,  karena meletakakan pondasi pada anak itu tidak mudah terlebih lagi memberi  dasar berfikir pada para calon kader persyarikatan  maka  semua guru harus  mempunyai standar keilmuan  yang seimbang antara ilmu umum dan agama,

“Terlebih lagi terkait ideologi  dalam hal ini kemuhammadiyahan, semua  guru harus terus kita bersamai untuk bisa memahami dan mengaplikasikannya, karena anak –anak kita yang kita proyeksikan agar kelak bisa meneruskan pergerakan persyarikatan ini pasti akan mengikuti apa yang dijarkan gurunya,” jelas  Sri Herawati.

Sementara itu Nur Aini  Al Mascatty, ketua Majelis Tabligh  yang menginisiasi program tersebut merasa sangat bersyukur, dengan program tersebut  setiap guru bisa dilihat mana materi yang kurang difahami yang kemudian ditindaklanjuti dengan pembinaan rutin setiap sabtu. Menurutnya ada banyak peningkatan setelah  dilaksanakan uji kompensi guru tersebut.

Beragam respon dari  para guru saat program tersebut digulirkan. Ada yang sinis merasa diberi beban  lebih, ada yang resah karena merasa belum bisa mengaji  dengan baik atau  takut tidak bisa menjawab kemuhammadiyahan, bahkan ada juga yang minder. Akan tetapi masih banyak guru yang menerima dengan sangat senang .Banyak guru yang akhirnya bisa merasakan manfaatnya dengan adanya uji  kompetensi   Al Islam dan kemuhammdiyahan tersebut.

Tetty Indrawati misalnya, dia banyak berbenah setelah ikut  kemudian tidak lulus. “Alhamdulillah   dengan adanya uji kompetensi guru oleh PDA ini saya jadi  tahu kemampuan saya, mana yang kurang saya perbaiki lagi dengan membaca dan rajin mengikuti pembinaan setiap hari Sabtu dan tiap jumat ke-4,” ujar  kepala sekolah TK ABA 5 kota Malang tersebut.   

Uji kompetensi ini sudah  yang ke -3 dilakukan PDA Kota Malang  yang diikuti 88 guru TK ABA Se kota Malang. Dari seratus lebih guru yang sudah lulus, dari 231 guru TK ABA sekota Malang,  dari jumlah itu ada yang sudah lulus keseluruhan materi ada juga yang belum lulus  satu atau dua materi dan itu harus mengulang lagi   tahun depan saat diadakan uji kompetensi guru   oleh PDA kota Malang.  Adapun materi yang diujikan meliputi  membaca alquran secara tartil,  tajwid,  berwudlu, gerakan shalat,  hafalan doa shalat dan doa sehari – hari, Al Islam serta Kemuhammadiyahan. Dengan para penguji yang terdiri dari  Pimpinan Harian PDA Kota Malang , ketua  dan anggota majelis  serta para ahli yang ditunjuk . Untuk materi kemuhammadiyahan  pada uji  kompetensi yang ke -3 ini selain pemahaman guru juga harus bisa menunjukkan bentuk komitmennya dalam ber Aisyiyah  baik  dilingkungan  TK ABA  tempat dia mengajar maupun di tempat tinggalnya. Para penguji materi ideologi tidak  akan memberikan poit  lebih bila guru yang juga merupakan kader  juga aktif menggerakkan Aisyiyah  baik di tingkat   daerah, cabang  dan ranting, terlebih lagi bila mampu mendirikan ranting  dimana dia tinggal  bila belum ada ranting Aisyiyahnya. (Uzlifah)

Shared Post:
Arsip Berita
Berita Terkomentari