'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
R-TB Aisyiyah Sumbar Gelar Pelatihan Pencatatan dan Pelaporan Berbasis WEB
11 Desember 2019 09:45 WIB | dibaca 81

 

Padang, Suara ‘Asiyiyah- Principal Recipient (PR) Tuberculosis (PP) Aisyiyah melakukan pelatihan tekhnis pencatatan dan pelaporan berbasis WEB dengan menggunakan aplikasi Sistem Informasi Tuberkulosis Komunitas (SITK) di 14 Wilayah Program, salahsatunya Sumatera Barat. Kegiatan ini bertujuan Untuk meningkatkan performance pencatatan dan pelaporan program pencegahan dan penanggulangan TBC untuk semakin akurat dan tepat waktu.

Pada tanggal 10-12 Desember 2019, Sub Recipient Aisyiyah Sumatera Barat menjadi wilayah yang melaksanakan kegiatan pelatihan teknis, kegiatan ini diikuti oleh Koordinator SR Sumbar, Monitoring Evaluasi (ME) Sub Recipient (SR) Sumbar, Koordinator SSR Padang, Koordinator Sub-Sub (SS) Recipient Padang Pariaman, Koordinator SSR Bukittinggi, Koordinator SSR Solok, Data Entry Padang Pariaman dan dua orang Manajer kasus Multidrug-Resistant Tuberculosis (MDR TB).

Kepala SR PW Aisyiyah Sumbar, Ir. Hj. Yunita Nazar, MP mengatakan kegiatan ini menjadi sangat strategis karena akan meningkatkan kemampuan tim SR, SSR dan MK dalam pencatatan dan pelaporan sehingga laporan yang dihasilkan akan menjadi semakin akurat dan terukur.

Tim ME PR TBC Aisyiyah, Nurhasanah mengungkapkan kegiatan ini memberikan informasi dan kemampuan baru untuk tim pencegahan dan penanggulangan TBC Aisyiyah Sumatera Barat dalam pencatatan dan pelaporan dengan menggunakan aplikasi software berbasis online dan offline, sehingga team akan menjadi User dan mampu mengoperasikan pencatatan dan pelaporan melalui aplikasi tersebut.

Koordinator SR Aisyiyah Sumbar, Deri Rizal, menyampaikan system pencatatan dan pelaporan akan menjadi semakin terdokumentasi dengan baik dan terintegrasi dalam database, selain itu dengan kegiatan ini akan semakin memudahkan team dalam melakukan monitoring pasien TBC sehingga dapat dapat dilakukan pemantauan sampai sembuh.

"Saat ini, SR Aisyiyah Sumbar melaksanakan program pencegahan dan penanggulangan TBC di 6 Kab dan Kota seSumatera Barat, yaitu: Kota Padang, Kota Bukittingi, Kota Solok, Kabupaten Agam, Kabupaten Solok dan Kabupaten Padang Pariaman. Sampai bulan oktober 2019 SR Aisyiyah Sumbar telah menemukan terduga TBC sebanyak 7677, melakukan kunjungan rumah berdasarkan data pasien TBC sebanyak 1574, menemukan pasien TBC baru sebanyak 652 dan mendampingi pasien sembuh sebanyak 228," tutupnya. (RI)

Shared Post:
Arsip Berita
Berita Terbaru
Berita Terkomentari