'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Idea
Home » Idea
Hadapi Generasi Emas Indonesia 2045, ‘Aisyiyah Kaji Penelitian tentang PAUD/TK ‘Aisyiyah
06 November 2019 09:10 WIB | dibaca 39
oleh: Sof


Angka 380 untuk menyebut jumlah penelitian dalam rentang waktu 2013-2017 tentu bukanlah jumlah yang sedikit, bahkan merupakan angka yang cukup fantastis. Namun, itulah jumlah real penelitian tentang PAUD/TK ‘Aisyiyah dalam rentang waktu 2013-2017 yang dikumpulkan oleh tim dari Majelis Dikdasmen PP ‘Aisyiyah dengan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA (UHAMKA). Hasil riset PAUD/TK ‘Aisyiyah itu dikumpulkan sebagai landasan melakukan strategi ke depan, menghadapi generasi emas Indonesia 2045.

“Mencermati dinamika perkembangan dunia pendidikan, khususnya pendidikan anak usia dini, diperlukan sinergi yang kuat antara ‘Aisyiyah dan lembaga-lembaga terkait untuk menghasilkan rumusan-rumusan cemerlang yang mampu mengakomodasi derasnya arus informasi dan globalisasi yang terus mengikis nilai-nilai luhur bangsa,” demikian sambutan Rektor UHAMKA, Prof. Dr. H. Suyanto, M.Pd., dalam buku rumusan diseminasi hasil penelitian yang diterbitkan beberapa waktu yang lalu.

Secara teknis, Herri Mulyono, sebagai Ketua Panitia dalam pengantarnya menceritakan bahwa pihaknya menghimpun 380 judul riset tentang PAUD/TK ‘Aisyiyah periode 2013-2017  dari jurnal, repository, dan kontak langsung dengan para peneliti. Riset sebanyak itu kemudian diseleksi menjadi 188 abstrak dan 13 artikel dengan 6 tema. Selanjutnya, 20 di antaranya dipilih untuk dipresentasikan.

Redaksi SA menerima hasil kerja keras panitia itu dalam bentuk buku, yaitu (i) buku kumpulan abstrak dan hasil penelitian dan (ii) buku rumusan rekomendasi yang sekaligus memuat 4 artikel utuh dengan praktik terbaik (best practice). Keempat artikel tesebut adalah (i) ”Peningkatan Nilai-Nilai Karakter dengan Metode Mendongeng Cas Cis Cus di BA ‘Aisyiyah Kaponan 2, Ponorogo”; (ii) ”Peningkatan Nilai-Nilai Islam dan Kemuhammadiyahan pada Anak Usia Dini Melalu Pembelajaran Terpadu; (iii) “Desain Inovasi Media Flashcard Mahasiswa PG PAU UM Surabaya untuk Menanamkan Konsep Membilang Angka 1-9 pada Anak Usia Dini“; (iv) “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Kooperatif Make a Match untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Peserta Didik di TK Bukit Permai, Agang Jeneka, Kabupaten Jeneponto.“

Berdasarkan ratusan hasil penelitian, presentasi para peneliti, serta pandangan para pakar, dirumuskan tiga rekomendasi untuk ditindaklanjuti. Pertama, hasil-hasil penelitian tentang media, model, metode pembelajaan yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran di PAUD/TK ‘Aisyiyah mengindikasikan bahwa pemanfaatan media, model, dan metode pembelajaran tersebut dapat meningkatkan kemampuan belajar peserta didik dalam berbagai aspek, baik kognitif, afektif, maupun kemampuan motorik. Pengembangan dan pemanfaatan media, model, dan metode pembelajaran tersebut mencerminkan kemampuan inovasi kreativitas  guru PAUD/TK ‘Aisyiyah.  Oleh karena itu, PP ‘Aisyiyah Majelis Dikdasmen perlu mengembangkan profesionalisme guru PAUD/TK ‘Aisyiyah secara berkelanjutan melalui kegiatan seminar, workshop pembelajaran, pelatihan, dan kegiatan peningkatan profesionalisme guru lainnya.

Kedua, pemanfaatan media, model, dan metode pembe-lajaran yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran di PAUD/TK ‘Aisyiyah telah terbukti secara ilmiah berdampak pada peningkatan dan pengembangan aktivitas pembelajaran. Namun demikian, pemanfaatan media, model, dan metode pembelajaran itu belum secara maksimal menyen-tuh aspek peningkatan nilai-nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan. Oleh karena itu, penting bagi PP ‘Aisyiyah untuk mengembangkan kurikulum pembelajaran yang di dalamnya mengintegrasikan nilai-nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan, bukan hanya dalam materi pembelajaran, melainkan juga ke dalam media, model, dan metode pem-belajaran.

Ketiga, penelitian-penelitian tentang PAUD/TK ‘Aisyiyah periode 2013-2017 dilakukan dengan sistematik, jujur, objektif, serta memiliki dampak terhadap pengembangan PAUD/TK ‘Aisyiyah ke depan. Namun, penelitian-penelitian itu masih bersifat lokal (parsial) dan tidak secara utuh menggambarkan potensi dan kelemahan PAUD/TK ‘Aisyiyah. Oleh karena itu, PP ‘Aisyiyah Majelis Dikdasmen perlu menyusun Rencana Strategis (Renstra) dan Peta Jalan (Road Map) penelitian dan pengembangan PAUD/TK ‘Aisyiyah. Untuk menindaklanjuti rekomendasi tersebut, PP ‘Aisyiyah Majelis Dikdasmen telah menyelenggarakan Rembuk Nasional, berbagai kegiatan, serta upaya lainnya. 

Shared Post:
Idea Terbaru
Berita Terbaru