'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Idea
Home » Idea
Lagu Berkarakter untuk PAUD dan TK ‘Aisyiyah
11 Januari 2020 10:55 WIB | dibaca 103
oleh: Dr. Diah Uswatun Nurhayati, M.Sn (Divisi Seni Budaya Lembaga Kebudayaan PPA )

 

Lagu berjudul Paud ‘Aisyiyah dan ‘Aisyiyah Tetap Jaya di atas adalah lagu yang bisa dinyanyikan dan didengarkan oleh anak-anak usia dini/TK. Selain mudah dipahami karena menggunakan kata-kata yang sederhana, lagu tersebut juga dapat digunakan sebagai alat pendidikan dan hiburan karena mengandung pesan moral yang berguna bagi anak-anak.

Pendidikan moral adalah pendidikan yang sangat penting bagi anak-anak. Sayangnya, saat ini jarang dijumpai institusi yang mengajarkan nilai-nilai moral kepada anak melalui media sebuah lagu. Banyak sekolah lebih mengejar pendidikan akademis karena dinilai lebih bermanfaat. Lembaga Kebudayaan PP ‘Aisyiyah melalui lagu Paud Aisyiyah dan Aisyiyah Tetap Jaya di atas, berniat mengajarkan nilai moral kepada anak melalui sebuah album lagu persembahan “Untukmu ‘Aisyiyah”.

Bukan menjadi hal yang sulit untuk mengajarkan nilai moral melalui sebuah lagu. Kita hanya perlu mempelajari sebuah lagu yang bertemakan nilai moral, kemudian mempraktikkannya atau mengajarkannya kepada anak. Tentu saja dalam hal ini tidak hanya cukup mengajak anak bernyanyi, namun juga memberikan sebuah cerita pembukaan secara singkat mengenai hal-hal yang berhubungan dengan lagu yang akan diajarkan. Setelah itu, ditutup dengan pemberian pesan nilai-nilai moral yang bermanfaat bagi anak. Beberapa lagu yang dapat diajarkan dalam album lagu persembahan “Untukmu ‘Aisyiyah” ini antara lain Allah Tuhanku, Putra Pilihan, Jikalau Aku, Syahadat, dan sebagainya.

Mengapa mengajarkan pendidikan moral penting dilakukan pada anak-anak? Hal ini terkait dengan anak-anak yang masuk dalam kategori usia dini, yaitu usia yang dimulai sejak lahir sampai anak memasuki pendidikan dasar. Usia ini disebut pula masa keemasan sekaligus juga masa kritis dalam tahapan kehidupan manusia. Masa ini menjadi masa yang tepat untuk meletakan dasar-dasar kemampuan fisik, bahasa, sosial emosional, konsep diri, seni, moral, dan nilai-nilai agama.

Salah satu tanggung jawab Lembaga Kebudayaan Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah adalah turut berperan serta melaksanakan dan mengembangkan kegiatan pendidikan anak usia dini sekaligus berbagi peran dengan pemerintah dalam menyukseskan program. Salah satunya adalah dengan memberikan wadah atau sarana pendidikan yang mengacu pada standar yang ditentukan oleh pemerintah, yakni melalui kelompok bermain, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Taman- Kanak-kanak (TK) yang bernama PAUD ‘Aisyiyah dan TK ‘Aisyiyah.

Selama satu abad bergerak, saat ini ‘Aisyiyah telah dan tengah melakukan pengeloaan serta pembinaan terhadap pendidikan anak melalui  Kelompok Bermain atau PAUD, Taman Kanak-kanak, Madrasah Diniyah, TPA/TPQ, IGABA, dan IGA. ‘Aisyiyah juga dipercaya oleh pemerintah untuk menyelenggarakan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) di seluruh Indonesia. []

Shared Post:
Idea Terbaru
Berita Terbaru