'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Idea
Home » Idea
Siti Bariyah Sang Ideolog
26 Oktober 2018 13:07 WIB | dibaca 28
oleh: Muarif

 

Ketua pertama Hoofdbestuur (HB) Muhammadiyah bagian 'Aisyiyah adalah intelektual bernama Siti Bariyah. Berdasarkan dokumentasi Soewara Moehammdijah tahun 1923, ia adalah orang pertama yang mendapat otoritas untuk menafsirkan rechtpersoon (badan hukum) Muhammadiyah pada masa kepemimpinan KH. Ibrahim (1923-1933).

 

Klaim tersebut merupakan hasil analisis terhadap dokumen Soewara Muhammadijah nomor edisi 9 tahun ke-4 bulan September 1923 pada artikel Tafsir Maksoed Moehammadijah yang ditulis Siti Bariyah. Artinya, telah ditemukan gugus pemikiran ideologis jauh sebelum KH. Mas Mansur menulis Tafsir Langkah Muhammadiyah (1939)

 

Apa yang ditulis Bariyah lebih dari sekedar gagasan pribadi. Ia juga sebuah upaya memaknai konsep-konsep umum sebagaimana tertuang dalam rechtpersoon Muhammadiyah yang terdiri  atas artikel-artikel (pasal-pasal) yang membutuhkan penjelasan rinci.

 

Dalam konteks organisasi, yang berhak menafsirkan pasal-pasal anggaran dasar biasanya diberikan kepada tim khusus atau seseorang yang telah diakui kapasitas intelektualnya. Itu artinya, Siti Bariyah merupakan perempuan intelektual yang telah diakui sehingga dipercaya memberi tafsiran ideologis atas tujuan persyarikatan. (ff)

 

*Versi lengkap dimuat pada Majalah Suara 'Aisyiyah Edisi 1 Th. ke-95 Januari 2018

Shared Post:
Arsip
Idea Terbaru
Berita Terbaru